Kamis, 08 April 2010

Tips Mencegah Pembobolan ATM

Nowadays, sering kita dengar tindak kriminal melalui pembobolan ATM. Para Pelaku melakukan penyadapan pada mesin ATM agar mendapatkan pin nasabah. Miris memang, udah nabung berjuta-juta tiba-tiba uangnya ngilang gitu aja. Saya merasa ikut perihatin melihat kasus ini. Berikut beberapa tips dari saya yang "mungkin " bisa membantu anda mencegah pembobolan ATM,

1. Periksalah mesin ATM terlebih dahulu, apakah perangkatnya lengkap. Jika anda menemukan gagang telepon di bagian mesin. Berarti itu bukan mesin ATM melainkan Telepon Umum.

2. Periksalah lubang tempat memasukkan kartu ATM pada mesin. Jika lubangnya besar, maka sudah pasti mesin ATM-nya disadap. Karena mesinya udah tidak perawan lagi.

3. PDKT-lah pada mesin ATM-nya terlebih dahulu agar mengetahui mesinnya disadap atau tidak. Contonya seperti ini, "eh, mesin, boleh kenalan ngga? Nama kamu siapa? Kamu kok lucu banget sih? eh, aku mau nanya nih, kamu disadap ngga? Kalo ngga aku mau ngambil uang nih."

4. Coba tes masukin KTP anda dulu, kalau tiba-tiba fotonya keluar beda. Berarti itu disadap!

5. Bungkus kartu ATM anda dengan kondom untuk mencegah kebocoran/penyadapan.

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan. Semoga dapat membantu anda dalam menghindari tindak pembobolan bank.
hha...

1 komentar: